SISTEM SKS
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia 2
Kelas :
X
Program :
IPA – IPS
1.
Bacalah petikan wawancara berikut
ini:
Pewawancara : “Menurut Anda, apakah Sistem Kredit
Semester (SKS) sesuai diterapkan di tingkat SMP dan SMA?”
Narasumber : “Pola SKS itu samasekali tidak sesuai
dengan perkembangan jiwapelajar SMP dan SMA di Indonesia. Sistem ini pernah
diterapkan ketika
Nugroho Notosusanto menjadi Mendikbud pada tahun 1983-1985, tetapi tidak
berhasil. Oleh sebab itu, kebijakan tersebut dihapuskan”.
Pewawancara : “Mengapa Anda berpendapat sistem kredit
tidak sesuai untuk pelajar
SMP atau SMA?”
Narasumber : “Sistem Kredit Semester (SKS) hanya
bisa diterapkan di perguruan tinggi
karena mahasiswanya sudah bisa belajar secara mandiri. Pelajar SMA apalagi SMP
masih membutuhkan bimbingan dan perhatian khusus dari tenaga pengajar. Oleh
sebab itu, sebaiknya perlu dikaji ulang rencana penerapan SKS tersebut untuk
pelajar SMP dan SMA”.
Isi wawancara di atas adalah...
A.
Penerapan SKS di SMP dan SMA
B.
Tidak setuju tentang penerapan
SKS di SMP dan SMA.
C.
Siswa SMP dan SMA masih butuh
bimbingan
D.
Hanya perguruan tinggi yang cocok
untuk menerapkan sistem SKS
E.
Penerapan SKS harus dikaji ulang
2. Bacalah
petikan wawancara di bawah ini!
Doni : “Bagaimana realisasi majalah dinding di sekolah kita?”
Jerry : “Cukup baik dan mengikuti imbauan kepala sekolah.”
Doni : “Pengertian baik yang Anda maksudkan ditinjau dari segi apa?”
Jerry : “...”
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah...
A.
Baik dari diri saya sendiri
maupun dari berbagai pihak.
B.
Dari segi kertas, penampilan dan
kelengkapan isinya.
C.
Baik menurut pendapat orang-orang
di sekitar sekolah.
D.
Baik dari segi biaya dan waktu.
E.
Segi kesiapan, kenyamanan, dan
kelengkapan.
3. Tujuan
wawancara: mengetahui apa saja yang disediakan sekolah
Kalimat
wawancara yang sesuai dengan tujuan wawancara tersebut ialah...
A.
Bagaimana pengumpulan fasilitas
sekolah ini?
B.
Apa fungsi fasilitas sekolah ini?
C.
Apa saja fasilitas yang tersedia
di sekolah ini?
D.
Mengapa fasilitas perlu di
sekolah ini?
E.
Di mana saja dapat digunakan
fasilitas itu?
4. Bacalah
petikan pidato berikut ini!
...Sama juga dengan kehidupan
kita. Usia 24- 36 merupakan usia saat otak kita masih encer dan mudah menerima
ilmu pengetahuan baru. Masa ini merupakan usia saat kita mencari bentuk dan
merintis karir kehidupan kita. Kehidupan kita saat ini menentukan kehidupan
yang akan datang. Semoga di usia yang amat berharga ini, kita dapat berhasil
merintis format karir kita di masa yang akan datang.
Kalimat persuasif pada petikan
pidato di atas adalah...
A.
Sama juga dengan kehidupan kita
B.
Usia 24- 36 merupakan usia saat
otak kita masih encer dan mudah menerima ilmu pengetahuan baru
C.
Masa ini merupakan usia saat kita
mencari bentuk dan merintis karir kehidupan kita
D.
Kehidupan kita saat ini
menentukan kehidupan yang akan datang
E.
Semoga di usia yang amat berharga
ini, kita dapat berhasil merintis format karir kita di masa yang akan datang
5. Isi
petikan pidato pada soal nomor 4 di atas
adalah...
A.
Merintis karir
B.
Kehidupan
C.
Usia otak
D.
Pengetahuan baru
E.
Cita-cita
6. Bacalah
petikan pidato di bawah ini dengan cermat!
Kami
ucapkan puji syukur ke hadirat Ilahi
karena berkat rahmat dan hidayah-Nya tim
olah raga sekolah kita telah kembali dari medan laga dan berhasil menggondol
juara umum dalam turnamen olahraga antarsekolah se-DKI Jakarta.
Penggunaan
kata-kata yang tidak tepat pada penggalan pidato di bawah ini adalah...
A.
ucapkan
B.
Berkat
C.
Antarsekolah
D.
Ke hadirat ilahi
E.
menggondol
7. Bacalah
petikan cerita rakyat di bawah ini dengan cermat!
Dalam
usiran itulah Kadita atau Dewi Srengenge justru menemukan kedewasaannya, di
antaranya tidak adanya perasaan dendam atas perilaku ibu tirinya, Dewi Mutiara.
Akhirnya, ia menjadi Ratu Laut Selatan setelah sebelumnya mengalami
peristiwa-peristiwa gaib yang sebenarnya adalah bagian dari ujian yang harus ia
jalani untuk menjadi “manusia” yang memiliki kelebihan. Dewi Srengenge
“diangkat” sebagai Ratu Pantai Selatan. Ia dibisiki oleh suara gaib yang
memanggilnya untuk menceburkan diri ke Laut Selatan.
Hal
menarik dari penggalan cerita rakyat di atas adalah...
A.
menemukan kedewasaan
B.
menjalani ritual
C.
mengalami peristiwa-peristiwa
gaib
D.
tidak memiliki rasa dendam
E.
dibisiki suara gaib
8. Bacalah
“Legenda Pulau Kemarau” untuk menjawab soal 8, 9 dan 10 !
Akhirnya, si pemuda Cina menerima
semua syarat yang diinginkan gadis bangsawan Palembang. Syarat pertama harus
masuk Islam dan syarat kedua harus menyerahkan emas kawin sebanyak delapan
tempayan.
Selanjutnya orang tua si pemuda
Cina mengirimkan emas kawin tersebut. Karena banyak perompak laut, emas dan
tempayan tersebut ditutupi dengan tauco dan arak. Sayangnya rahasia tersebut
tidak diberitahukan kepada anaknya. Tatkala si pemuda Cina melihat bahwa yang
dikirimnya hanya tauco dan arak, maka si pemuda menjadi amat kecewa. Dengan
amat marah ia membuang semua tempayan ke dalam Sungai Musi yang dalam.
Amanat
yang terkandung dalam cerita rakyat di atas adalah...
A.
Seorang pemuda harus berani
menerima tantangan
B.
Penolakan gadis bangsawan
Palembang terhadap pemuda Cina.
C.
Pertarungan pemuda Cina dengan
bangsawan Palembang
D.
Pemuda Cina menerima persyaratan
dari gadis bangsawan Palembang
E.
Gadis bangsawan Palembang
dinikahi oleh pemuda Cina
9. Pernyataan
yang sesuai dengan cerita rakyat tersebut adalah...
A.
Pemuda Cina menerima semua syarat
yang diajukan gadis bangsawan Palembang.
B.
Syarat pertama harus masuk Islam.
C.
Syarat kedua harus menyerahkan
mas kawin sebanyak enam tempayan.
D.
Emas dan tempayan harus ditutupi
tauco dan arak.
E.
Si pemuda Cina kecewa.
10.
Kaitan cerita rakyat tersebut
dengan kehidupan sehari-hari:
A.
Untuk mendapatkan sesuatu kita
harus memenuhi syarat-syarat tertentu
B.
Janji harus ditepati
C.
Banyak yang ingkar janji
D.
Jangan memaksakan kehendak
E.
Perompak laut akan menguras harta
benda pelaut.
11. Bacalah
petikan cerita rakyat di bawah ini!
... Pada suatu hari, buaya rampok
sedikit lengah. Ia tertidur dan meninggalkan pintu guanya dalam keadaan
terbuka. Melihat kesempatan itu, Aminah ke luar sambil berjingkat-jingkat. Di
balik gua itu ditemukannya sebuah terowongan yang sempit. Setelah cukup lama
menelusuri terowongan itu, tiba-tiba ia melihat sinar matahari.
Latar
yang sesuai dengan petikan cerita rakyat di atas adalah...
A.
Gua dan terowongan
B.
Pintu
C.
Sungai Tulang Bawang
D.
Desa
E.
Sawah
12. Rindu
di Malam Takbiran
Oleh
Isna
Di malam takbiran
Saat senja telah berlalu
pergi
Ketika burung-burung pun
kembali ke sarangnya
Dan mentari mulai
menghilang bersama senyumnya
Citraan yang terlihat
dari petikan puisi di atas adalah...
A.
Penglihatan
B.
Perasaan
C.
Pikiran
D.
Pendengaran
E.
Penciuman
13. Rindu
di Malam Takbiran
Oleh
Isna
Betapa
sebenarnya,
Kerinduan
ini telah lama mendera
Bergelut
dalam kesepian dan aliran waktu
Yang
nyata tak pernah tersadari
Perasaan penyair pada
penggalan puisi di atas...
A.
Rindu
B.
Putus asa
C.
Sedih
D.
Kesepian
E.
Gembira
14. Tembang
Nelayan
Karya
Eka Budijanta
...
Hari
ini adalah hari bagi orang-orang kecil
Meresapi
embun ,menunggu fajar
Bersama
matanya yang kecil, tangannya yang kecil
Mulutnya
yang kecil dan kepalanya yang kecil
Keterkaitan
isi puisi di atas dengan kehidupan sehari-hari adalah...
A.
Keadaan nelayan yang serba
kekurangan
B.
Peralatan yang masih tradisional
C.
Sering terjadi pasang
D.
Menanti pagi untuk pergi ke laut
E.
Hasil nelayan yang banyak
15. Pengamen
Kecil
Karya Feky
Suara
itu memekakkan telingaku
Kudapati
rincingan gaduh pengamen kecil
Dengan
tatapan kosong ia bernyanyi malas
Tangannya
bergerak menghentak botol kecilnya
Isi
puisi di atas berhubungan dengan masalah..
A.
Budaya
B.
Lingkungan
C.
Ekonomi
D.
Realitas alam
E.
Sosial
16. Bacalah
penggalan hikayat di bawah ini dengan cermat!
Maka titah baginda: “Hendak
engkau buat apa daun ampelam itu? “Maka
sembahnya: “Hendak patik makan, tuanku. “Maka titah baginda kepada hambanya:
“Ambilkan olehmu buah ampelam itu barang setangkai, berikan kepada si miskin
itu”. Diambilkan oranglah buah ampelan itu, maka diberikan kepada si miskin.
Maka diambilnyalah, seraya menyembah kepada baginda, lalu ia berjalan keluar
kembali. Kemudian, maka baginda pun berangkat masuk ke dalam istana. Maka
segala raja-raja dan menteri, hulubalang itupun masing-masing pulang ke
rumahnya.
Unsur Instrinsik yang dominan
dari penggalan hikayat di atas adalah...
A.
Alur
B.
Seting
C.
Amanat
D.
Latar
E.
Watak
17. Cerita
hikayat di atas menceritakan tentang...
A.
Seorang raja yang tidak
memperhatikan rakyat
B.
Raja yang baik hati
C.
Kerajaan yang hampir punah
D.
Seorang raja yang ingin ampelam
E.
Hulubalang yang patuh kepada raja
18. Latar
yang tepat untuk penggalan hikayat di atas adalah...
A.
Istana
B.
Rumah
C.
halaman istana
D.
Pendopo
E.
Lapangan
19. Bacalah
teks hikayat berikut ini dengan cermat!
“Kedudukan
itu bertinggi rendah,” jawab Dimnah pula, “menurut tingkatan budi. Dengan budi
mungkin seorang naik dari kedudukan rendah kepada yang tinggi.Orang yang tiada
berbudi menjatuhkan dirinya dari tempat yang tinggi sukar, tetapi jatuh dari
yang tinggi kepada yang rendah mudah. Ibarat sebuah batu yang berat mengangkat
dari tanah ke bahu susah, tetapi melemparkannya ke tanaha mudah saja. Akan kita
dua bersaudara ini sepatutnyalah menuju kedudukan yang tinggi, dengan budi yang
mulia jiwa. Bagaimana kita akan puas dengan kedudukan kita sekarang padahal
kita dapat meningkatkan yang lebih tinggi daripadanya.”
“Apakah
yang hendak engkau kerjakan?” tanya Khalilah
“
Pada pemandanganku sekarang terbuka kesempatan untukmenghadap raja singa.
Rupanya waktu ini ia dalam ketakutan. Mudah-mudahan dengan berkhidmat kepadanya
dapat aku mencapai derajat yang lebih tinggi hendaknya.”
Amanat
yang terkandung dalam kutipan adalah...
A.
Tutur kata dan sikap seseorang
mencerminkan budi pekerti
B.
Berpenampilan yang baiklah agar
disenangi banyak orang.
C.
Milikilah budi pekerti yang baik
agar harkat dan martabat tinggi.
D.
Berbudi pekerti yang baiklah
membuat seseorang mudah bergaul.
E.
Bila ingin sukses mintalah
khidmat dan pemimpin yang terpuji.
20. Bacalah
petikan hikayat di bawah ini!
Maka titah baginda: “Apakah yang
gempar itu?” Maka sembah segala raja-raja: ”Ya, Tuanku, syah’alam, orang
melempari si Miskin, Tuanku”. Maka titah baginda itu: “disuruhnya usir
jauh-jauh”. Maka diusir oranglah, hingga ia lari ke tepi hutan. Maka orang itu
pun kembalilah. Maka haripun malamlah, maka baginda pun berangkat masuk ke
dalam istananya, maka segala raja-raja dan menteri, hulubalang rakyat sekalipun
masing-masinglah pulang ke rumahnya.
Nilai
yang terdapat pada penggalan hikayat di atas adalah...
A.
Nilai sosial
B.
Nilai agama
C.
nilai moral
D.
Nilai kepahlawanan
E.
Nilai pendidikan
21. Bacalah
petikan hikayat di bawah ini dengan cermat!
Syahdan, maka adalah raja di
dalam negeri itu telah ke rahmatullah. Maka ia pun tiada beranak seorang juga
pun. Maka segala menteri dan hulubalangnya dan orang-orang membicarakan, siapa
juga yang patut dijadikan raja menggantikan raja yang telah kembali ke
rahmatullah itu. Maka di dalam antara menteri yang banyak itu ada seorang
menteri yang tua daripada tuan hamba sekalian itu. Maka ia pun berkata,
katanya: “Adapun hamba ini tua daripada tuan hamba sekalian itu. Jikalau ada gerangan bicara, mengapa segala saudara
ini tidak hendak berkata?”
Nilai yang terdapat pada
penggalan hikayat di atas adalah...
A.
Nilai sosial
B.
Nilai agama
C.
nilai moral
D.
Nilai kepahlawanan
E.
Nilai pendidikan
22. Bacalah
penggalan cerpen di bawah ini!
Malam itu, setelah delapan hari
perdebatan yang tidak kunjung habis antara Prakoso dan sejumlah orang dewasa
kota, dusun Jambu Anom terlihat agak membara. Sejumlah dusun pemuda itu telah
mengadakan pertemuan dengan sekitar empat puluh orang pendatang (tubuh mereka
kekar, ada beberapa orang yang bertato naga di lengan sebelah kiri). Mereka
membicarakan masalah lokalisasi yang hampir-hampir gagal.
“Penghalang modernisasi dusun
kita harus dihancurkan!” Orang tinggi kekar dengan ikat abu-abu tiba-tiba
berteriak. Orang-orang itu berbisik satu sama lain. Para pemuda yang masih
bimbang pada akhirnya menyetujui usulan para tamunya. “Malam Senin siap diujung
jalan itu!”
Walaupun sangat lelah habis
meliput sidang kasus korupsi sejumlah proyek, Prakoso berangkat juga ke dusun
Jambu Anom karena Pak Lurah mengundangnya dalam acara tasyakuran.
“Nak Prakoso itu kok berani benar menolak
proyek Dewan Kota. Apa tidak takut mendapat masalah?” Pak Lurah bertanya di
sela-sela makan malam.
“Itu risiko Pak, memang masih
banyak jalan untuk memajukan dusun ini.” Pukul dua belas Prakoso pulang karena
esok hari masih mau meliput kausu korupsi jembatan layang.
Pagi harinya dudun Jambu Anom
gempar. Ada mayat terbujur kaku di pinggir jalan sekitar dua kilometer dari
perbatasan dusun Jambu Anom. Mas Prakoso, sang wartawan itu tewas mengenaskan.
Konflik yang terdapat pada
kutipan cerpen tersebut adalah...
A.
Pak lurah menjamu Prakoso dan
akhirnya Prakoso mati mengenaskan.
B.
Prakoso penghalang modernisasi
meliput kasus korupsi jembatan layang.
C.
Prakoso mempertahankan desa Jambu
Anom untuk pendirian lokalisasi.
D.
Rasa marah pemuda terhadap
Prakoso terkait dengan rencana modernisasi desa mereka.
E.
Prakoso mati terbunuh di pinggir
jalan dusun Jambu Anom.
23. Latar
waktu yang tepat untuk cerpen di atas adalah...
A.
siang
B.
siang, malam
C.
malam
D.
pagi, malam
E.
pagi
24. Bacalah
petikan cerpen di bawah ini!
Bulan itu seperti orang tertawa-tawa,
tetapi kedinginan. Karena seorang lainnya di langit sana telah mengumpulkan segenap tenaganya dan
meniupkan badai angin berkepanjangan. Dan Jakarta seperti biasanya, bergetar
dan berkeriut seperti sebuah rumah di kampung, dengan bangunan atas yang gemuk
namun dengan tiang-tiang pondasi yang kurus.
Latar tempat yang tepat untuk
penggalan cerpen di atas adalah...
A.
Siang hari
B.
Tengah hari
C.
Jakarta
D.
Malam
E.
Pagi hari
25. Bacalah
petikan cerpen di bawah ini!
“Oh maaf. Mulanya saya akan kembalikan
kepada Nona seratus rupiah. Tapi ketika ketika dari rumah saya bersepeda ke
mari, tak terduga-duga ban sepeda saya meletus di tengah jalan. Terpaksa saya
suruh orang menambalnya dan ongkosnya lima belas ribu rupiah. Selain itu, saya
mesti menitipkan sepeda saya dekat kantor ini dan orang d sana minta bayaran
lima rupiah, sisanya adalah delapan puluh rupiah, itulah ya ng akan saya
kembalikan kepada nona. Delapan puluh rupiah!” Lalu disodorkan sejumlah uang
yang telah disebutkan itu ke loket.
Watak tokoh yang tepat untuk
penggalan cerita di atas adalah...
A.
pembohong
B.
baik hati
C.
ramah
D.
keras
kepala
E.
jujur
26. Bacalah
sambutan di bawah ini dengan cermat!
Kepada para peserta saya
mengucapkan selamat berlomba dan tetap menjunjung tinggi sportivitas. Namun
demikian, saya atas nama panita tetap mengimbau agar setiap peserta menjaga
diri dengan sebaik-baiknya, memusatkan perhatian para pejalan, kontrol yang
baik pada keamanan, bersikap sopan di jalan, bersikap disiplin dalam
menjalankan sepeda. Dalam perlombaan ini kita juga menyukseskan undang-undang
lalu lintas, ikut menjaga keteriban berlalu lintas, dan menjaga keamanan
pemakai jalan. …..
Berikut merupakan isi pokok-pokok
sambutan pada penggalan sambutan di atas, KECUALI
A.
Ucapan selamat berlomba dan tetap
menjunjung tinggi sportivitas dari panitia lomba.
B.
Imbauan agar setiap peserta
menjaga diri dengan sebaik-baiknya selama berlomba.
C.
Bersikap sopan dan disiplin dalam
menjalan sepeda selama perlobaan.
D.
Setiap peserta menggunakan
alat-alat keselamatan pribadi selama perlombaan berlangsung.
E.
Imbauan agar para peserta lomba
menyukseskan undang-undang lalu lintas
27. Bacalah
petikan wawancara berikut dengan baik!
Penanya : “Apakah profesi ini cukup menjanjikan
di masa depan?”
Narasumber : “Sangat menjanjikan dan akan menjadi
sesuatu yang justru lebih menjanjikan
daripada bekerja secara ofline.
Penanya : “Mengapa?”
Narasumber : “Sebab target market-nya dunia. Sementara kalau bekerja
secara ofline, Anda hanya bisa mengerjakan satu atau dua pekerjaan, kecuali
kalau mempunyai pegawai”.
Wawancara tersebut berbicara
tentang ....
A.
perlunya internet dalam kehidupan
B.
kelebihan berniaga lewat media
internet
C.
target yang harus dicapai
D.
profesionalisme
E.
upaya menjual komputer
28. Bacalah
petikan wawancara di bawah ini:
Wartawan : “Pak, adakah perbedaan antara P2PKP
(Proyek Penanggulangan Kemiskinan
di Perkotaan dengan proyek-proyek yang lain?”
Narasumber : “Dalam konsep penanggulangan kemiskinan,
perlu saya jelaskan bahwa
program P2PKP merupakan suatu program yang diarahkan dalam upaya penanggulangan
kemiskinan di perkotaan.”
Wartawan : “Lalu, sebenarnya tujuan P2PKP sendiri
itu apa?”
Narasumber : “P2PKP
berusaha memberikan pelajaran kepada masyarakat untuk bisa melaksanakan program
yang sesuai dengan masyarakat itu sendiri.”
Wartawan : “Apakah program P2PKP hanya dilaksanakan
di perkotaan?”
Narasumber : “Memang dalam program penanggulangan
kemiskinan, sasaran P2PK ini adalah perkotaan. Kita memaklumi bahwa aspek
kemiskinan ini bukan hanya di perkotaan saja, melainkan juga di pedesaan.”
Rangkuman yang tepat
untuk petikan wawancara di atas adalah...
A.
Program P2PKP merupakan program
upaya menanggulangi kemiskinan di perkotaan yang berusaha memberikan pelajaran
kepada masyarakat untuk bisa melaksanakan program yang sesuai dengan masyarakat
itu sendiri.
B.
Perbedaan antara P2PKP dengan
proyek-proyek yang lain.
C.
Program P2PKP merupakan konsep
dalam menanggulangi kemiskinan.
D.
Sasaran P2PKP adalah masyarakat
miskin di perkotaan saja.
E.
Sasaran P2PKP adalah masyarakat
miskin di perkotaan dan di pedesaan.
29. Bacalah
kutipan artikel berikut.
Bagi sebagian besar orang, e-mail tampaknya menjadi rahmat
sekaligus bencana. Email dapat menghemat biaya komunikasi, terutama pada
orang-orang yang jarang berhubungan dengan kita. Namun, dapat membuat kita
menderita dengan menerima banjir spam
e-mail. Tidak banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghadapi para spammers ini kecuali terus-menerus
melaporkannya pada network administrator kita. Bagaimanapun, dalam melakukan
korespondensi pribadi, kita seyogyanya tetap bersopan-santun untuk menjaga
hubungan baik.
Topik yang dikemukakan
dalam artikel tersebut adalah ....
A.
E-mail memang banyak mengandung
hal negatif.
B.
Tidak baik jika kita terus
melaporkan ke networkadministrator.
C.
E-mail dapat merupakan rahmat
sekaligus bencana.
D.
Kita harus sopan dalam
berinternet
E.
Perlu adanya aturan dalam dunia
komunikasi maya.
30. Bacalah
artikel di bawah ini!
Sudah semestinya pimpinan Amerika
Serikat tersebut mengambil langkah tegas. Kalau tidak, bukan saja kepentingan
rakyat Amerika saja yang akan dirugikan, tetapi lebih besar lagi kepentingan
ekonomi Amerika dalam kaitannya dengan kepercayaan asing yang akan dirugikan.
Dengan langkah baru seperti yang diumumkan oleh Presiden Amerika, kelak tindak
korupsi akan disiarkan ke publik dan
dihukum. Akuntansi perusahaan juga akan ditarik ke luar sistem yang kurang
terbuka (out of shadows). Dengan langkah itu pula, kepentingan investor kecil
dan pemegang pensiun akan dilindungi.
Isi informasi yang tepat sesuai
dengan artikel adalah...
A.
Pimpinan Amerika Serikat harus
optimis
B.
Kepentingan rakyat Amerika tidak
akan dirugikan
C.
Kepercayaan asing akan dirugikan
D.
Presiden Amerika akan menyiarkan
tindakan korupsi ke publik dan hukum
E.
Kepentingan investor kecil dan
pemegang pensiun tidak akan dilindungi
31. Petikan
hasil wawancara berikut untuk menjawab soal nomor 31 – 32!
Penanya : “Bagaimana
tanggapan Anda setelah Indonesia berhasil mengalahkan Singapura 3-1 baru-baru
ini?”
Sumber : “Hasil
tersebut sudah cukup baik. Pertandingan tersebut telah memastikan Indonesia
memuncaki grup B, sekaligus memastikan Indonesia masuk ke babak berikutnya,
babak semifinal”.
Penanya : “Bagaimana
peluang Indonesia pada pertandingan berikutnya?”
Sumber : “Indonesia
berikutnya akan bertemu dengan Malaysia, juara Piala AFF tahun sebelumnya. Malaysia
merupakan lawan tangguh. Kita harus tetap menjaga konsentrasi pada pertandingan
berikutnya”.
Penanya : “Bagaimana
upaya yang dilakukan oleh Garuda Muda agar dapat menjadi pemenang dalam SEA
GAMES tahun ini?”
Sumber : “Yang
jelas, kita harus tetap waspada dan jangan lengah. Kemenangan tim Garuda Muda
sebelumnya jangan menjadikan kita besar kepala. Setiap lawan yang dihadapi
memiliki karakteristik bermain tersendiri. Kita harus tetap focus dan waspada,
dan jangan lengah!
Tanggapan
sumber yang tepat berdasarkan hasil wawancara tersebut dapat disimpulkan
menjadi…
A.
Indonesia, terutama tim Garuda
Muda akan dengan mudah memenangkan dan bahkan menjuarai SEA GAMES tahun ini.
B.
Garuda Muda harus tetap waspada
dan jangan lengah. Kemenangan tim Garuda Muda sebelumnya jangan menjadikan kita
besar kepala. Setiap lawan yang dihadapi memiliki karakteristik bermain
tersendiri. Kita harus tetap fokus
dan waspada, dan jangan lengah!
C.
Hasil pertandingan sebelumnya
telah megukuhkan bahwa Garuda Muda bukanlah tim yang dapat diremehkan oleh tim
lainnya.
D.
Garuda Muda di bawah asuhan
Rahmat Darmawan akan dengan mulus menggilas lawan-lawan berikutnya.
E.
Dengan kemenangan gemilang
sebelumnya yang cukup fantastis, Garuda Muda tidak akan kesulitan menduduki
peringkat juara tahun ini, tentunya dengan dukungan dan doa dari rakyat
Indonesia.
32. Topik
yang tepat untuk petikan wawancara di atas adalah...
A.
Persiapan Timnas untuk menghadapi
Malaysia dalam Piala AFF dan Tim Muda dalam menghadapi Sea Games.
B.
Kemenangan Timnas melawan
Singapura.
C.
Peluang Indonesia dalam Piala
AFF.
D.
Kemenangan tim muda.
E.
Timnas kalah menghadapi Malaysia.
33. Bacalah teks paragraf berikut
dengan baik!
Banyak
pendekatan yang tersedia untuk melihat persoalan jarak antara apresiasi
masyarakat dan perkembangan karya seni. Dari mulai sosiologi seni, antropologi
budaya, sejarah seni, teori kesenian hingga kaitannya dengan politik kebudayaan
negara.
Persoalan
apresiasi seni masyarakat adalah persoalan yang menjadi "lingkaran
setan" dalam perkembangan kesenian di Indonesia. Persoalan yang akhirnya
turut memengaruhi makna kebaradaan karya seni dan para seniman di tengah
masyarakatnya.
Paragraf tersebut dikembangkan dengan pola
A.
deduktif
B.
interaktif
C.
denotasi
D.
induktif
E.
konstruktif
34. Bacalah teks berikut dengan baik.
Penebangan
hutan Indonesia yang tidak terkendali selama puluhan tahun dan menyebabkan
terjadinya penyusutan hutan tropis secara besar-besaran. Laju kerusakan hutan periode 2007–2008
tercatat 1,6 juta hektare per tahun, sedangkan pada periode 2009–2010 menjadi
3,8 juta hektare per tahun. Ini
menjadikan Indonesia merupakan salah satu tempat dengan tingkat kerusakan hutan
tertinggi di dunia.
Paragraf
tersebut dikembangkan dengan pola...
A.
Deduktif
B.
Interaktif
C.
Induktif
D.
Konstruktif
E.
Denotatif
35. Bacalah
petikan berita di bawah ini!
Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB)
memperkirakan, separuh dari seluruh kasus HIV/AIDS terjadi pada remaja berusia
15 – 24 tahun. Mereka terdiri atas laki-laki dan perempuan, terutama di usia
produktif yang menghadapi berbagai masalah mulai dari pekerjaan, kehamilan muda,
dan penyalahgunaan obat dan alkohol. Sebagian besar mereka tinggal di
negara-negara berkembang. Hal tersebut merupakan kenyataan yang perlu secara
serius diperhatikan semua pihak, mengingat orang mudalah yang nantinya yang
akan menjadi pemilik masa depan sebuah bangsa.
Sikap yang tepat dari berita di
atas adalah...
A.
Menjauhkan diri dari obat-obatan
terlarang.
B.
PBB harus mencari solusi agar
remaja tidak terjerumus dalam obat-obatan terlarang.
C.
Masalah harus dihadapi
D.
Pemuda masa depan bangsa
E.
Remaja yang terkena kasus narkoba
adalah laki-laki dan perempuan.
36. Bacalah
petikan berita di bawah ini!
Saat ini marak pengolahan buah
merah sebagai pengobatan herbal.
Pemenggalan yang tepat untuk
pembacaan berita di atas adalah...
A.
Saat ini marak/pengolahan/buah
merah/sebagai pengobatan/herbal.
B.
Saat ini marak/pengolahan buah
merah/sebagai pengobatan herbal.
C.
Saat /ini marak/pengolahan
buah/merah/ sebagai/pengobatan herbal.
D.
Saat ini marak pengolahan/buah/
merah/sebagai pengobatan herbal.
E.
Saat/ini/marak/pengolahan/buah/merah/sebagai/pengobatan/herbal.
37. Berikut
ini bagian-bagian proposal kegiatan, kecuali...
A.
macam kegiatan
B.
waktu pelaksanaan kegiatan
C.
tempat pelaksanaan kegiatan
D.
Latar belakang peserta kegiatan
E.
Pihak penanggung jawab kegiatan
38. Perhatikan kutipan proposal di bawah ini!
Penanggung jawab :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar